SEO dan Etika dalam Dunia Internet

SEO. Kata ini merupakan kata yang paling diminati oleh pemilik website agar website-nya mendapatkan banyak pengunjung. Banyak sekali teknik yang bisa digunakan untuk memancing pengunjung datang mengunjungi sebuah website. Dari cara yang baik, sampai cara yang sebenarnya "jahat dan tidak bertanggung-jawab".

Tulisan ini hanya merupakan ungkapan kekesalan saya kepada para pemilik website, atau lebih sering disebut sebagai blogger, yang memancing pengunjung dengan cara yang tidak bertanggung-jawab.

Diantara cara "nakal" yang mereka lakukan adalah, membuat tulisan yang tidak mengandung informasi apapun, tetapi menyebutkan banyak sekali kata-kata yang sering dipakai oleh pencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Dengan cara seperti ini, saat search engine melakukan crawl, maka search engine tersebut akan mencatat bahwa website yang sedang di-crawl tersebut memiliki banyak informasi. Ini adalah salah satu cara yang menurut saya sangat tidak etis.

Dulu, saya harus membayar setiap kilobyte transfer data dari modem saya. Dan saya harus membayar untuk kata-kata tanpa makna yang saya kunjungi dari sebuah halaman yang hanya merupakan penipu. Sekarang, saya tidak perlu memikirkan soal biaya jika membuka sebuah halaman website, karena saya telah menggunakan layanan unlimited. Bagaimanapun, saya tetap kehilangan waktu dengan sia-sia hanya untuk membuka halaman website seperti itu.

Cara jahat yang lain adalah "copy-paste". Mengapa "copy-paste" saya kategorikan sebagai cara yang jahat?
Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa, jika pada aksi copy-paste disertakan sumber asli, maka cara tersebut adalah cara yang dibenarkan. Ya, jika hanya menyangkut soal hak karya intelektual, maka cara seperti itu memang masih bisa dimaklumi. Akan tetapi cara seperti itu sebenarnya juga mengganggu pencari informasi. Bagaimana bisa? bukankah hal itu justru membantu pencari informasi?

Jika hanya sebuah halaman yang berisi artikel tentang "X" di internet, apakah menurut Anda search engine akan kesulitan mencarinya? Tentu Anda adalah orang yang paling naif jika berpikir seperti itu. Walaupun hanya ada satu halaman website saja di seluruh dunia, orang akan dengan mudah menemukan halaman tersebut. Orang justru akan lebih mudah dalam mencari informasi, jika setiap halaman website di internet berisi informasi yang berbeda. Saya sering mengalami kejadian dimana saya mendapatkan banyak link yang membahas tentang "X", akan tetapi setelah link-link tersebut saya buka, ternyata kebanyakan dari mereka hanyalah halaman "copy-paste". Jadi saya bisa membuka puluhan halaman website, tetapi informasi yang saya dapat seperti membuka satu halaman saja.

Sebagai seorang blogger, saya mengajak kepada rekan-rekan sesama blogger untuk lebih berlaku arif dalam membuat blog. Jika Anda memang memiliki informasi yang orisinil, maka tulisan Anda bisa menjadi penolong bagi banyak orang. Dan walaupun tidak ada Ads di blog Anda, Anda akan mendapat bayaran yang jauh lebih berharga dari dolar yang Anda terima dari Ads. Bayaran itu akan Anda peroleh dari Yang Maha Kaya.

Ada sebuah petuah, "Ucapkanlah perkataan yang baik, atau diam". Perkataan seorang blogger adalah tulisannya. Jadi, jika Anda bisa membuat tulisan yang baik, tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang, maka menulislah. Tetapi jika Anda tidak bisa menulis tulisan yang baik, atau jika Anda hanya bisa meng-copy kemudian paste, maka lebih baik tidak usah menulis.

Postingan Populer