RSUD Tidak Selalu Lebih Murah dari Swasta

Sebagai penderita diabetes tipe 1, insulin merupakan kebutuhan pokok bagi saya. Selama ini saya selalu mendapatkan insulin dari RSUD Banyumas. Akan tetapi, entah karena masalah apa, terkadang apotik di RSUD Banyumas kehabisan stok insulin. Konsekuensinya, saya harus mencari insulin ke tempat lain.



Dulu, saat pertama saya mengalami kejadian seperti ini, saya mencari keliling Purwokerto dan tidak bisa mendapatkan insulin tersebut. Dan terpaksa saya pergi ke Jogja hanya untuk mendapatkan insulin (dengan harga yang lumayan lebih mahal, hampir 2x lipat).

Belakangan saya mengetahui ada sebuah apotik di Purwokerto yang menyediakan insulin. Nama apotiknya adalah "Apotik Karya Sehat" yang berada di depan RSUD Margono. Harganya lebih mahal ketimbang di RSUD Banyumas, tetapi tidak semahal di Jogja.

Beberapa hari yang lalu, saya kembali mengalami apotik RSUD Banyumas kehabisan stok insulin. Dokter menyarankan saya untuk mencoba mendapatkan di RSUD Margono. Akan tetapi saya merasa agak malas untuk pergi ke RSUD Margono. Jadi saya pergi ke dekatnya saja, yaitu ke Apotik Karya Sehat. Sayang sekali bahwa pada saat itu, apotik tersebut juga sedang tidak memiliki insulin tipe yang saya butuhkan, yaitu Humalog Mix 25. Dan lagi-lagi, saya disarankan oleh petugas apotik untuk ke RSUD Margono.

Dan akhirnya saya masuk juga ke Margono. What! saya bisa mendapatkan 1 pak Humalog Mix 25 dengan harga sekitar 700 ribu di RSUD Banyumas, tetapi di Margono harganya 900 ribu lebih. Kurang deh duit yang saya bawa :D akhirnya saya cuma membeli 2 saja (1 pak isinya 5). Saya juga berharap 2 minggu lagi Humalog Mix 25 telah tersedia lagi di RSUD Banyumas, jadi lebih murah.

Sekitar 2 minggu kemudian, saya harus kecewa karena ternyata insulin tersebut masih belum ada di RSUD Banyumas. Wah, harus mendapatkan insulin dengan biaya mahal nih. Dan akhirnya saya langsung pergi ke Margono karena saya yakin di Karya Sehat juga masih tidak ada.

Sayang sekali saya lupa membeli jarum suntiknya sekalian, jadi saya kehabisan stok jarum di rumah. Dan saya kembali lagi ke Purwokerto untuk membeli jarum tersebut. Saya menuju Apotik Karya Sehat. Di sana, saya tidak sekedar beli jarum, tetapi iseng menanyakan insulin Humalog Mix 25. Eh, ternyata sekarang telah ada. Tapi yang benar-benar membuat saya heran adalah, Apotik Karya Sehat yang merupakan apotik milik swasta, ternyata menjual insulin tersebut dengan harga yang lebih murah ketimbang RSUD Margono.

Urut-urutan harga Humalog Mix 25 dari yang paling murah ke yang paling mahal adalah sebagai berikut (per 1 vial):

  1. RSUD Banyumas: sekitar 140 ribu.
  2. Apotik Karya Sehat: sekitar 160 ribu.
  3. RSUD Margono: sekitar 180 ribu.
Begitulah kejadian menyebalkan di Margono yang saya alami. Bagaimana mungkin sebuah rumah sakit milik pemerintah mengeruk keuntungan sebanyak itu dari orang sakit. Sedangkan apotik milik swasta saja tidak sampai mengambil keuntungan sebanyak itu.

Tidak heran jika RSUD Banyumas lebih disukai oleh pasien ketimbang RSUD Margono. Bukan saja pelayanannya yang lebih bagus, tetapi harganya yang juga jauh lebih murah.

Postingan Populer